Minggu, 24 Maret 2013

CABE MAHAL



Belakangan ini para ibu-ibu yang belanja di pasar dipusingkan dengan harga bawang merah dan bawang putih yang melejit menjadi mahal harganya,kalau lihat berita di tv
Katanya mas alah izin impor atau apa,sebagai orang awam ,ya ga ngerti...
Pokoknya tahu-tahu harganya mahal dan agak langka di pasaran beberapa waktu lalu.kini sudah berangsur turun harganya ..,namun kata ibu-ibu yang biasa belanja ,kini harga cabe mulai merangkak naik juga.
Jadi teringat 12 tahun lalu ,saya juga pernah menjadi petani cabe keriting ,di wilayah Ds Kayuara Kuning,Banyuasin Sum-Sel.Yang waktu itu saya termasuk orang yang tidak sukses,karena keterbatasan modal .Meski hanya menanam tidak lebih dari seperempat ha.Namun akibat modal kurang menjadikan saya tidak bisa merawat tanaman cabe keriting dengan semestinya,sehingga saat itu saya dapat memanen cabe 1 kwintal dengan harga sangat buruk ,membuat saya terpuruk .Karena cabe keriting yang saat saya menanam harganya Rp4000 lalu saat panen harganya hanya Rp250,otomatis saya kehilangan kesempatan untuk mendapatkan hasil yang seharusnya bisa untuk beli obat2an dan atau pupuk.Dengan begitu saya tidak bisa merawat tanaman cabe keriting yang pada saat itu harganya murah
 
ilustrasi kebun cabe

Seperti inilah dulu tanaman cabe yang pernah kumiliki

2 komentar: